Indonesia Perlu Sosialisasi Hukum Qisas

Mengantisipasi Kasus Hukuman Pancung TKI di Saudi

Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama Muhammad Abdullah Al Shuaibi mengatakan, perlu ada sosialiasi kepada warga negara Indonesia (WNI) yang akan datang ke Saudi. Sosialisasi ini berkaitan dengan hukum dan sistem yang berlaku di Saudi agar tak ada kesalahpahaman di kemudian hari.

Sosialisasi ini bukan hanya diberikan kepada para TKI yang akan datang ke Saudi, melainkan semua WNI seperti pelajar, pelancong, maupun yang akan melakukan ibadah haji. Terutama mengenai hukuman mati qisas yang berlaku di Saudi.

“Perlu ada sosialisasi kepada semua yang akan datang ke Saudi mengenai hukum dan sistem yang berlaku. Ini merupakan kewajiban kedua negara untuk bisa menjelaskan,” kata Osama di Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, kemarin.

Berkaitan dengan masih adanya 20 WNI yang terancam hukuman mati di Saudi, Osama mengatakan, Pemerintah Saudi sedang melakukan pendekatan kepada keluarga korban sehingga dapat memberikan ampunan. Perlu diketahui, bahwa hukuman mati qisas adalah hukuman mati yang hanya bisa hangus saat keluarga korban memaafkan.

“Sekali lagi, hukum yang berlaku di Saudi adalah sesuai syariat Islam. Saya harap semua memahami. Oleh karena itu, harus ada sosialisasi mengenai hal ini,” ujarnya.

Dikaitkan dengan kasus Zaini Misrin, TKI yang dihukum pancung di Saudi, Osama mengatakah, keluarga korban tidak memberikan maaf. Hal ini yang memberatkan, sebab ini merupakan hak khusus keluarga korban.

Kasubdit Kawasan II Direktorat Perlindungan WNI, Arief Hidayat mengatakan, Pemerintah Indonesia akan meningkatkan lagi komunikasi kedua negara agar kasus Zaini Misrin tak terulang kembali. “Kita juga akan minta pihak Saudi agar kita bisa lakukan pendataan WNI yang ada di Saudi, pendataan yang terpusat dan terintegrasi agar kasus-kasus seperti ini bisa dikurangi,” katanya.

Indopos 9 Mei 2018, P21 Internasional | Oleh : iml/JPC

Advertisements

Leave a Reply | Print Satu Media

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s