Partai Bulan Bintang Merasa Dicatut

Sekber menegaskan, Prabowo bukan cawapres Jokowi

Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra menyesalkan penyebutan nama partainya dalam pembentukan Sekretariat Bersama. Kemarin, Partai Gerindra dan PKS meresmikan Sekretariat Bersama (Sekber) dengan menyebut empat partai yang terlibat. Selain Gerindra dan PKS, disebut juga PAN dan PBB.

PBB melalui Ketua Bidang Pemenangan Presiden Sukmo Harsono membantah keterlibatan partainya di dalam Sekber. Sementara, PAN walau tidak terlibat secara resmi, partai berlambang matahari putih itu mengirimkan Waketum Hanafi Rais saat peresmian di Jalan T Amir Hamzah, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin, Jumat (27/4).

“Benar. PBB tidak pernah diajak bicara membentuk koalisi empat parpol tiba-tiba meresmikan Sekber seolah-olah PBB adalah bagian dari koalisi,” kata Yusril melalui akun Twitter-nya, @Yusrilihza_Mhd, Ahad (29/8).

Yusril pun menyesalkan nama partainya disebut dalam empat partai yang terlibat di dalam Sekber Gerindra-PKS. Kalaupun ingin membawa nama PBB, menurut mantan menteri kehakiman dan HAM itu, pihak penggagas Sekber hams lebih dulu mengajak PBB berbicara. “PBB menyesalkan namanya dicantumkan begitu saja tanpa pembicaraan lebih dahulu,” ujar Yusril.

Sementara, Ketua Bidang Pemenangan Presiden di Partai Bulan Bin-tang Sukmo Harsono meminta kepada penggerak Sekber yang digagas PKS dan Gerindra untuk mencopot lambang PBB di dalam logo Sekber. Sukmo menyebutkan, DPP dan jajaran sekretaris jenderal PBB belum pernah berkomunikasi tentang pendirian Sekber. “Kami meminta kepada teman-teman di PKS dan Gerindra agar lambang PBB jangan dipakai dulu,” kata Sukmo.

Sukmo menyatakan, partainya masih belum mengambil sikap terkait arah koalisi di pemilihan presiden 2619. PBB saat ini masih memegang hasil muktamar partai mereka yang terakhir, yaitu memercayakan posisi capres kepada Yusril.

PBB, kata dia, mengimbau kepada semua kader di daerah untuk tidak menggunakan isu bergabungnya PBB ke poros koalisi pengusung Prabowo. “Kami imbau kepada kader bahwa adanya PBB di Sekber itu bukan keputusan partai. Keputusan partai akan dibahas di forum mukernas dan forum dewan partai pada Mei mendatang,” ujar Sukmo.

Walau menolak nama mereka dicatut di Sekber PKS-Gerindra, Sukmo mengatakan, itu tidak berarti PBB menutup komunikasi dengan partaipartai tersebut. PBB sangat terbuka terhadap partai lain yang ingin berdialog untuk urusan pilpres.

Pada akhir pekan lalu, Gerindra dan PKS mendirikan Sekber sebagai langkah awal untuk melakukan komunikasi politik dengan partai lainnya. Tidak terkecuali dengan PAN, PKB, dan Partai Demokrat. Pendirian Sekber ini juga sebagai penegasan bahwa Prabowo Subianto tidak akan menjadi talon wakil presiden (cawapres) pendampirig Joko Widodo.

Sementara, Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais mengatakan, Sekretariat Bersama PKS-Gerindra akan banyak berisi agenda informal, seperti diskusi, kajian, bedah buku, pengajian, dan lain-lain. Hanafi yang hadir saat peresmian Sekber PKS-Gerindra itu mengatakan, is tertarik dengan tujuan Sekber yang ingin memproduksi ide dan gagasan relevan atas situasi nasional saat ini.

“Kemarin sepakat kalau Sekber dari empat partai, yaitu PKS, PAN, Gerindra, PBB, itu sifatnya informal. Yang akan diproduksi adalah ide dan gagasan yang relevan,” kata Hanafi.

Putra politikus senior PAN Amieh Rais itu menyebutkan, Sekber nantinya tidak hanya sebagai forum anggota partai. Mereka juga terbuka bagi masyarakat umum baik atas nama pribadi maupun lembaga.

Hanafi menegaskan, Sekber PKS Gerindra ini bukan hanya membicarakan agenda politik. Namun, lebih luas dari itu adalah untuk membahas masalah-masalah kebangsaan.

Di awal-awal ini, kata Hanafi beberapa pembahasan yang akan dibuat di Sekber adalah diskusi tentang ekonomi. Anggota Komisi I DPR RI itu mengatakan, diskusi ekonomi sangat relevan. Kondisi ekonomi Indonesia dinilai Hanafi sedang buruk, misalnya kondisi utang negara, anjloknya nilai rupiah terhadap dolar AS, dan kondisi pasar saham yang mengkhawatirkan.

Republika 30 April 2018 Page 3 Nasional | Oleh FEBRIAN FACHRI

Advertisements

Leave a Reply | Print Satu Media

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s