Safari Politik Wiranto Diapresiasi

Ketua DPR Bambang  Soesatyo mengapresiasi pertemuan Menko Polhukam Wiranto dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Menurutnya, semakin banyak elite bersilaturahim satu sama lain, makin baik bagi rakyat.

“Artinya, lebih baik membangun persahabatan, keteduhan, daripada saling menyerang yang membuat rakyat tidak senang dan suasana panas,” ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu, di Gedung DPR, Jakarta, kemarin.

Menurutnya, langkah Wiranto patut ditiru para elite politik lain untuk membangun persaudaraan lebih bagus di antara para pemimpin. Mantan Ketua Komisi III DPR itu memahami bahwa tujuan dasar pertemuan itu bukan ke arah membangun koalisi untuk Pilpres 2019. Pihaknya tidak melihat tanda Partai Demokrat akan merapat mendukung Joko Widodo di balik pertemuan Wiranto-SBY. Namun, Bamsoet justru mengharapkan Demokrat bisa bergabung dan memperkuat pemerintah.

“Karena tanggung jawab kita sebagai pemimpin, para elite, ialah bagaimana membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Kalau pemerintahan ini kuat, program-program pembangunan bisa selesai dengan baik sesuai jadwalnya.”

Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) pun mengapresiasi pertemuan itu. Menurut dia, pertemuan tersebut sebagai langkah pemerintah mendengarkan pandangan tokoh politik, khususnya menjelang Pilpres 2019.

“Pertemuan itu patut diapresiasi karena pada musim pilpres ini memang kewajiban pemerintah yang membidangi politik untuk mendengar pandanganpandangan dari tokoh politik seperti Pak SBY yang sudah dua kali menjadi presiden,” kata OSO.

Dia mengatakan pertemuan WirantoSBY merupakan hal yang biasa-biasa saja, namun yang luar biasa kalau SBY bertemu dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Ia melihat pertemuan itu sebagai langkah pemerintah yang konsisten untuk mengajak semua pihak membicarakan bagaimana agar pilpres bisa berjalan dengan lancar dan tenang.

“Saya pikir pokok utama pembicaraan yang pasti dilakukan kedua belah pihak tentang bagaimana Pilpres 2019 bisa berjalan lancar dan baik,” ujarnya.

Senior dan junior

Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Agus Hermanto menilai pertemuan Wiranto-SBY sangat bagus. Pertemuan kedua tokoh tersebut merupakan pertemuan senior dan junior. “Pertemuan dua tokoh ini tentu merupakan pertemuan yang sangat bagus, karena kita ketahui Pak SBY kan pernah menjadi Menko Polhukam juga sebelumnya. Tentunya beliau sangat pengalaman sekali sehingga pandangan dan arahan dari beliau sangat dibutuhkan,” ujar Agus.

Dia berpandangan pengalaman SBY dapat ditularkan kepada Wiranto sehingga dapat diterapkan dalam menghadapi tahun politik. “Ini merupakan suatu pengalaman sangat berharga dan sangat baik untuk ditularkan, untuk disampaikan kepada Pak Wiranto. Barangkali sangat baik untuk diimplementasikan sehingga semuanya bisa berjalan lancar seperti sebelumnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wiranto mengatakan pertemuannya dengan SBY, Rabu (18/4), membahas mengenai keamanan nasional menjelang pemilu.


Media Indonesia, 20 April 2018 P4 Indonesia Memilih | Oleh Astri Novaria

Advertisements

Leave a Reply | Print Satu Media

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s