Petugas Jaga Terowongan Baru Sepekan ke Depan

Koran Temp 12 April 2018, P28 Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah, mengatakan terowongan baru, masing-masing di simpang Matraman, Kuningan, dan Mampang, akan dijaga selama sepekan ke depan. Dia mengantisipasi kemacetan seperti yang sempat terjadi pada hari pertama pengoperasian terowongan Matraman, Selasa lalu.

Andri berjanji mempertahankan keberadaan 50 petugas Dinas Perhubungan di setiap lokasi itu. “Untuk pantau evaluasi kondisi lalu lintasnya sepekan ke depan,” kata dia di Balai Kota, kemarin.

Nantinya, Andri mengatakan evaluasi juga akan dilakukan untuk menentukan status rekayasa lalu lintas di tiga persimpangan itu. Ia memberi contoh lalu lintas di sekitar terowongan Matraman-Salemba yang malah menjadi kusut pada Selasa lalu.

Kemarin, kondisi lalu lintas di Matraman Ian-car. Penyebabnya, petugas memperpendek jarak barikade pemisah jalur di Jalan Proklamasi yang kini berlaku untuk dua arah tersebut. Di antara barikade juga dipasang tali agar jalurnya tak diserobot pengguna sepeda motor dan mengganggu lalu lintas dari arah berlawanan.

Petugas, kata Andri, juga berjaga. mulai pukul 05.30 WIB. Ini juga belajar dari kejadian macet Selasa, ketika petugas baru tiba sekitar pukul 06.00 WIB. Saat itu, kesemrawutan terjadi lebih pagi. “Karena sebelumnya ada apel dulu. Sekarang apel diubah menjadi pukul 05.00 WIB,” katanya.

Andri – mengatakan indikator keberhasilan terowongan barn dalam mengurai.kemacetan nantinya akan diukur dari waktu tempuh, kecepatan kendaraan, dan panjang antrean kendaraan menjelang lampu lalu lintas. Kemarin, saat petugas berjaga, ekor antrean kendaraan di Jalan Pemuda memendek dibanding sebelum ada terowongan.

Untuk underpass Mampang-Kuningan disebut lebih efektif. “Karena melewati dua persimpangan sekaligus,” kata Andri.


Koran Temp 12 April 2018, P28 | Oleh: Syaiful Hadi, Irsyan, Hasyim, Linda, Khairani.

Advertisements

Leave a Reply | Print Satu Media

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s