Terowongan Mampang-Kuningan Diuji Coba Hari lni

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah, mengatakan terowongan MampangKuningan, Jakarta Selatan, bisa dilintasi kendaraan mulai hari ini. Sekitar 50 petugas akan mengatur lalu lintas di area terowongan sepanjang 850 meter itu sejak pukul 05.30. “Lebih awal . Pelaj aran dari uji coba terowongan Matraman-Salemba,” kata dia kemarin.

Da lam uji coba terowongan Matraman-Salemba, Jakarta Pusat, yang dimulai kemarin, petugas Baru berjaga mulai pukul 6 pagi. Kemacetan parah di sekitar terowongan itu berlangsung selama berjam-jam.

Sedianya, uji coba terowongan Mampang-Kuningan dimulai akhir pekan lalu. Uji coba tertunda lantaran ada sisa pekerjaan pada ramp lintas bawah Jalan HR. Rasuna Said. Titik itu bersinggungan dengan proyek light rail transit (LRT) Cam/OngDukuh Atas.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memperkirakan terowongan Mampang-Kuningan Bakal mengurangi kemacetan sebesar 15-20 persen. Terowongan itu dibangun untuk mengurai kemacetan di simpul pertemuan arus lalu lintas dari Menteng, Semanggi, Pancoran, dan Mampang.

Terowongan MampangKuningan dibangun sejak pertengahan November 2016 pada era Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. PT Adhi Karya (Persero) Tbk menggarap proyek dengan anggaran Rp 200 miliar. Penyelesaian proyek meleset dari target sebelum akhir 2017.

Menjelang uji coba kemarin, sejumlah pekerja menyelesaikan beberapa bagian jalan. Pintu masuk terowongan dari kedua arah masih ditutup pagar beton. Sebuah papan pengumuman terpajang di sekitar simpang MampangKuningan dengan tulisan “Bagi pengguna agar menyesuaikan pengaturan yang berlaku”.

Adapun seng pembatas lokasi proyek sudah dicopot. Pengerjaan trotoar di depan Pasar Mampang pun sudah rampung. Arus lalu lintas di depan pasar kemarin lebih lancar dibanding ketika pengerjaan trotoar masih berlangsung.


Koran Tempo 11 April 2018 Page 27 Metro | Oleh Linda Hairani  Email: linda.hairani@tempo.co.id

 

Advertisements

Leave a Reply | Print Satu Media

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s