PBB Apresiasi Kinerja Mentan

Indopos 11 April 2018 P3Kinerja Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman sejak 2014 hingga 2018 diapresiasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Hal ini berkat capaian pada beberapa komoditi pangan strategis yang sudah berswasembada di antaranya beras, bawang merah, jagung, beberapa komoditas peternakan dan perkebunan.

Demikian diungkapkan Hilal Ever, Reporter Khusus dari PBB saat berkunjung ke Kementerian Pertanian (Kementan), Senin (9/4). Kunjungan tersebut diterima langsung Mentan Amran yang didampingi Sekretaris Jenderal, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Staf Khusus Bidang Hubungan Masyarakat, dan Tenaga Ahli Menteri Bidang Tata Hubungan Kerja. Hilal menegaskan apresiasi juga diberikan PBB atas upaya Mentan di dalam melindungi petani. Yakni memberikan bantuan-bantuan sarana produksi (benih, pupuk dan pestisida), alat dan mesin pertanian, serta memperpendek rantai pasar produk pertanian. “Sebuah prestasi yang sangat besar. Semuanya didedikasikan untuk meningkatkan pendapatan petani dan pengentasan kemiskinan,” tegasnya.

Selain itu, Hilal pun mengagumi pandangan Mentan Amran terkait kegigihannya melindungi petani sawit. Menurutnya, Mentan Am-ran memandang bahwa kesejahteraan jutaan keluarga pekebun yang hidup dari sawit lebih patut dilindungi dibandingkan orang hutan yang menghuninya, sehingga kampanye hitam tentang sawit Indonesia adalah sesuatu yang tidak berdasar.

Indonesia sudah memiliki sistem budidaya sawit berkelanjutan (Indonesian Sustainable Palm Oil) yang ramah lingkungan. “PBB terus mendukung upaya-upaya Mentan dalam melindungi petani termasuk dalam mendorong perlindungan pada varietas-varietas padi, dan komoditi lainnya yang dikembangkan petani di daerah-daerah atau varietas lokal,” ujarnya.

Akan hal ini, Mentan Amran mengungkapkan kebijakan dan Program Utama Kementan untuk mencapai target-target swasembada komoditas pangan strategic yang harus dicapai dalam waktu 3 tahun khususnya beras, sebagaimana ditargetkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo. (srf)


Indopos 11 April 2018 P3, Oleh SRF

Advertisements

Leave a Reply | Print Satu Media

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s